Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Meningkatkan Ranking Web Dengan SEO Analytics

tinkrbox.comMembuat situs web, memposting sejumlah tulisan, serta memilih beberapa kata kunci, menjadi hal umum yang banyak dilakukan orang-orang ketika menginginkan posisi pertama di mesin pencari. Namun ternyata, hal itu tidak cukup efektif pada algoritma Google saat ini. Inilah kenapa SEO analytics dari para pakar seperti Seomedia.co.id cukup penting diadakan.




Tips Meningkatkan Peringkat Website di Mesin Penelusur

Berdasarkan hasil analisa para ahli, terdapat beberapa tips meningkatkan peringkat web di mesin pencari. Salah satunya adalah:


  1. Memilih Kata Kunci dengan Cermat

Saat hendak mengidentifikasi kata kunci untuk kebutuhan situs web, pastikan agar Anda memilih 2 keyword, baik itu long tail maupun shot tail.  Secara umum, long tail keyword berguna mengarahkan audiens pada informasi spesifik di suatu situs. Sementara short tail akan bermanfaat dalam meningkatkan awareness orang-orang terhadap bisnis Anda.


Dalam memilih keyword yang baik bagi situs web, blogger perlu melakukan sejumlah riset. Entah itu dengan menemukan situs kompetitor yang paling banyak dicari, kata kunci terpopuler, atau perbandingan situs web Anda dengan web kompetitor. Pada tahap ini, Anda dapat memanfaatkan beberapa fitur SEO online seperti SEMRush, Google Adwords, atau Serpstat.


Usahakan memilih kata dan frasa relevan yang dapat menarik minat pengunjung ke konten situs Anda. Bukan hanya perlu menyebutkan barang 1 atau 2 kata kunci, Anda juga perlu mengembangkan konten berisi keyword, tautan menuju keyword, dan tata letaknya di website Anda.


  1. Membuat Konten Relevan

Salah satu kesalahan terbesar yang paling banyak dilakukan para blogger pemula ialah membiarkan laman web menjadi usang. Bila blogger tidak berusaha memproduksi konten secara berkala, mesin pencari tidak dapat menampilkan situs pada penelusur. 


Mengingat, besar kemungkinannya artikel garapan Anda kurang relevan dan cenderung membosankan. Dengan membuat postingan baru sekaligus menerbitkan sejumlah artikel secara teratur, Google akan memperoleh informasi ‘segar’ yang akhirnya dapat digunakan untuk mendorong para pengguna search engine untuk menghadiri laman Anda.


Meski demikian, jangan asal memposting artikel pada halaman pribadi. Salah-salah, laman Anda akan masuk dalam daftar hitam Google. Sebagai solusinya, cobalah untuk memposting hal-hal yang relevan dengan kata kunci terkait.


Sebaiknya, jangan menulis berita lama atau sekadar copy paste garapan orang lain. Perlu diketahui, Google mempunyai ‘anjing pelacak’ yang mampu mendeteksi tindak copycat hanya dengan 1 ketikan saja.


Sebagai tambahan catatan, saat hendak mengunggah konten relevan, pastikan untuk memadukan identifikasi long tail dan short tail keywords yang tidak membingungkan bagi para pembaca. Cobalah memilih keyword tertarget bagi sebuah postingan, kemudian kembangkan topik tersebut menjadi artikel utuh.


  1. Mengembangkan Keywords Secara Konsisten

Setelah berhasil mengidentifikasi keyword dan memasukkannya ke dalam isi konten, berikutnya kembangkanlah topik secara konsisten guna membantu peningkatan peringkat website di mesin telusur.


Salah satu teknik yang banyak digunakan web-blogger adalah membuat beberapa postingan untuk tiap-tiap set keyword dan menghubungkan postingan-postingan tersebut melalui internal link. Apabila Anda berhasil melakukan upaya ini untuk beberapa keyword sekaligus, kemungkinan website muncul di laman utama mesin pencari akan semakin besar.


Satu hal penting untuk dipahami para blogger, mereka yang tidak memiliki teknik maupun strategi konsisten dalam penerapan frasa atau keyword pada situs webnya, hasil peringkat web dimungkinkan mengalami sporadis dan blogger tersebut tidak akan mencapai hasil sebagaimana diinginkan.


Penting pula untuk diketahui, selalu identifikasikan keyword dengan cermat, menempatkannya secara strategis nan natural, serta megnembangkan teknik sekonsisten mungkin bagi keduanya. Dengan begitu, kegunaan long tail and short tail keyword menjadi lebih optimal.


  1. Mengoptimalkan Tools SEO

Seperti disebutkan sebelumnya, ketersediaan tools SEO dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak ranking web atau content. Sebut saja RankingCoach yang akan bekerja dengan menganalisa web, membuat task list, juga memantau performa dari suatu situs pada search engine.


Beberapa metode SEO analytics di atas mungkin terdengar sangat sulit dan mustahil untuk dilakukan pemula. Padahal sebenarnya tidak demikian, apalagi jika Anda memilih untuk menggunakan jasa pembantu layaknya SEOMEDIA. Berbagai kendala ranking atau kualitas konten pun bisa teratasi dengan mudah tanpa perlu banyak effort ataupun biaya!


Posting Komentar untuk "Tips Meningkatkan Ranking Web Dengan SEO Analytics"