Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Segala Hal Tentang Plagiarisme Plus Rekomendasi Jasa SEO Web Terbaik

tinkrbox.comDalam dunia web-blogging, upaya plagiarisme masih jadi salah satu perkara yang butuh perhatian khusus. Apalagi jika Anda berniat menjadikan blog pribadi menduduki peringkat teratas sistem SEO. Menyalin konten orang lain, baik itu foto, video, maupun konten secara keseluruhan hanya akan membuat ranking blog anjlok. Inilah kenapa penggunaan jasa SEO web penting dipertimbangkan.



Karena selain kualitas tulisan yang terjamin, layanan optimasi menjanjikan konten tanpa deteksi plagiat barang 1 kalimat pun.


Mengapa Blogger Perlu Mengetahui Plagiarisme?

Dilansir dari kanal Youtube Google Website, tercatat ada setidaknya 25-30% tulisan artikel yang tersebar di internet pada tahun 2013 bersifat duplikatif. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Sebab, setiap kali seseorang menemukan konten yang dianggapnya bagus dan layak, mereka memiliki kecenderungan untuk melakukan copy-paste.


Memang, fenomena seperti ini sudah sangat lazim terjadi. Pihak Google sendiri belum memberi pinalti pasti atas tindak duplikatif. Lantas, kenapa kita perlu mengetahui tokoh penjiplak tulisan kita?


Sebenarnya, ketika terjadi duplikat content, Google dan beberapa perusahaan penyedia mesin pencari lain, cenderung kesulitan dalam menentukan content mana yang akan ditampilkan pada laman penelusuran SERP. Mungkin saja saat seseorang menyalin karya Anda, website mereka malah memperoleh peringkat lebih tinggi dari website Anda.


Bahkan diketahui, saat ini banyak tersedia jasa-jasa black hat SEO di internet. Para penduplikat nekat mengganti tanggal postingannya menjadi lebih awal dari tanggal posting web Anda. Beberapa dari mereka juga melaporkan content Anda sebagai duplicate content pada Google. Menyeramkan ya?


Kenapa Banyak Konten Plagiarisme di Internet?

Alasan termasuk akal disini adalah kemudahan dalam menemukan berbagai konten berkualitas. Selain itu, tidak sedikit blogger beranggapan jika mereka membuat konten sesuai dengan apa yang muncul di halaman pertama mesin penelusur, Domain Authority web mereka juga akan ikut naik.


Padahal seperti yang kita ketahui, kondisi seperti itu belum tentu akan terjadi. Alih-alih duduk di posisi paling atas, website plagiat malah terjun ke posisi tidak baik.


Rekomendasi Aplikasi Pendeteksi Plagiarisme

Di bawah ini merupakan beberapa tools yang bisa memeriksa keorisinilan sebuah content. Go check these out!

  1. DupliChecker

DupliChecker jadi salah satu tools yang banyak digunakan orang-orang untuk melakukan pemeriksaan duplikasi dengan menuliskan atau menyalin content maksimum 1000 kata ke dalam suatu form di laman utamanya. Meski gratis, tools ini memberikan hasil pengecekan cukup akurat.


  1. Small SEO Tools

Bisa dibilang, Small SEO Tools ialah alat pengecekan duplikat konten dengan plugin wordpress sebagai salah satu menunya. Sehingga bagi Anda pengguna web berbasis wordpress, Anda dapat menginstall tools satu ini.


  1. CopyScape

Berbeda dengan seri tools sebelumnya, CopyScape menawarkan versi premium pada layanannya. Dimana dalam versi tersebut pengguna akan memperoleh hasil penelusuran lebih akurat dan terperinci. 


Menariknya lagi, bila tools pemeriksaan plagiarisme lainnya hanya mampu memeriksa salah satu content di dalam situs web, CopyScape memiliki keunggulan dapat mengecek seluruh content di dalam web sekaligus. 


Anda hanya perlu memasukkan URL web terkait dan CopyScape akan menyajikan hasil pemeriksaan tingkat plagiarisme dari semua content di website secara otomatis.


Trik Mudah Mengatasi Plagiarisme

Usai memperoleh hasil plagiarisme, Anda perlu mengatasi permasalahan tersebut dengan cara:

  1. Manfaatkan Proteksi DMCA

Digital Millennium Copyright Act atau yang juga biasa disingkat DMCA sejatinya merupakan sebuah aturan yang mengatur tentang hak cipta atas content digital, dimana aturan tersebut disahkan pada tahun 1998 di Amerika Serikat. DMCA sendiri dibuah untuk melindungi artikel web-blogger dari tindak penyalahgunaan artikel, termasuk pula dengan duplikat content.


  1. Menambahkan Watermark

Membubuhi konten dengan watermark akan menunjukkan identitas dari si pemilik asli konten terkait. Dengan keberadaan watermark, aktivitas plagiarisme bisa diminimalisir. Biasanya, watermark berbentuk tulisan atau logo di hasil content.


  1. Menghubungi Pihak Penduplikat Konten Anda

Mungkin terdengar klise, tapi faktanya ada banyak orang berhasil menghentikan tindak duplikat menggunakan cara ini. Anda dapat menghubungi langsung kontak web si penduplikat dengan mengirim pesan, email, atau bahkan menelfon nomor teleponnya.


Bukan hanya akan berpengaruh buruk terhadap ranking web, plagiarsm juga akan menghilangkan citra baik dari web yang sudah dibangun selama ini. Daripada itu, penggunaan jasa SEO web seperti seomedia.co.id bisa jadi alternatif Anda. Layanan pembuat konten ini menjamin seluruh pekerjaannya bebas dari plagiarisme, dan pastinya memiliki kualitas unggul untuk menempati posisi pertama.


Posting Komentar untuk "Segala Hal Tentang Plagiarisme Plus Rekomendasi Jasa SEO Web Terbaik"