Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Yoast SEO untuk Pengguna Wordpress

tinkrbox.com Wordpress merupakan engine blog yang paling fleksibel dan memungkinkan kustomisasi di banyak bagian. Wordpress sendiri telah menaungi lebih dari 35% website di dunia dan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.




Yoast SEO adalah satu dari banyak plugin pada SEO yang terkenal dikalangan pengguna Content Management System (CMS) Wordpress karena memiliki konfigurasi serta penggunaan yang sangat mudah dan praktis.

Fitur pada Plugin Yoast SEO

Saat menginstal plugin ini, Anda dapat menemukan fitur-fitur yang lengkap, seperti fitur untuk mengubah SEO title serta meta description pada setiap konten yang Anda posting, membuat konfigurasi meta robot, cara memverifikasi Bing dan Yandex, XML Sitemaps, Breadcrums, Permalinks, Fitur Analisis, Google Webmaster Tools dan lain-lain.

Plugin ini bisa Anda instal pada situs Wordpress yang Anda hosting sendiri. Keuntungannya adalah pemasangan plugin ini tidak membutuhkan biaya, alias gratis. Selain itu, penggunaannya yang sederhana juga memudahkan Anda sebagai pemula untuk mengoperasikannya.

Cara Instal Plugin

1.      Buka Wordpress, kemudian login menggunakan akun milik Anda.

2.      Setelah berhasil login pada Wordpress, cari menu “Plugin” kemudian pilih “Add New”.

3.      Ketik “Yoast SEO” pada kolom Search di bagian kanan atas jendela.

4.      Setelah ditemukan, pilih Instal, kemudian klik Activate. Tunggu hingga proses menginstal selesai.

5.      Saat berhasil menginstal, pada jendela akan ditampilkan menu baru “SEO”.

Cara Setting Plugin

1.      Buka menu “Yoast SEO”, kemudian klik General. Selanjutnya, jendela akan menampilkan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

·           SEO Analysis, fitur ini berfungsi untuk menganalisis nilai keseluruhan dari SEO pada website Anda.

·           Readability Analysis, fungsi dari fitur ini adalah untuk menganalisis keterbacaan tulisan pada suatu artikel.

·           Connerstone Content, fungsinya adalah untuk menuliskan keyword utama yang menjadi fokus pada setiap artikel.

·           Text Link Sitemaps, berfungsi untuk menampilkan jumlah hubungan internal antarpost pada setiap artikel.

·           XML Sitemaps, fungsi untuk mempermudah Google saat melakukan crawl website Anda. Jika Anda mematikan fitur ini, website Anda akan lama terindeks oleh Google.

·           Ryte Integration, fitur ini berfungsi untuk menampilkan SEO dalam konten Anda berdasarkan warna. Hijau menunjukkan bahwa konten sudah baik, abu-abu menunjukkan konten masih kurang, dan merah menunjukkan konten butuh pembenahan.

·           Admin Bar Menu, berfungsi memudahkan Anda menerima pemberitahuan dari plugin.

·           Security, berfungsi sebagai pengamanan untuk website Anda.

2.      Fitur Webmaster Tools berfungsi untuk memverifikasi dari mesin pencarian dengan cara memasukkan kode tagar tertentu. Beberapa mesin pencarian seperti Baidu, Bing, Yandex, dan Google yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan verifikasi tersebut agar lebih mudah ditemukan.

3.      Fitur Setting General, Anda dapat mengatur fitur ini pada menu Search Appearance, kemudian klik General. Pilih separator tanda minus, selanjutnya klik Save changes.

4.      Fitur Content Types, pengaturan fitur ini dapat ditemukan pada menu Search Appearance, pilih Content Types. Aktifkan semua bagian pda seting Post in search result dan SEO title dengan cara pilih Title, Page, Separator, Site Title, selanjutnya klik Save changes.

5.      Fitur Setting Media dapat ditemukan pada Search Appearance, klik Media. Fungsinya adalah untuk merekomendasikan pengaturan dari plugin hingga menampilkan Yes, selanjutnya Save changes.

6.      Fitur Settings Taxonomies diaktifkan dengan mengubah pengaturan ke Yes pada Search Appearance-Taxonomies. Fungsinya agar setiap kategori yang Anda posting akan diindeks oleh Google.

7.      Settings Authors dapat diaktifkan pengaturannya dengan menekan Search Appearance-Authors. Aktifkan seluruhnya hingga menampilkan Yes sehingga nama author pada website akan ditampilkan pada hasil pencarian. Hal ini berfungsi agar website Anda semakin dipercaya.

8.      Setting Breadcrumbs digunakan untuk mempermudah navigasi pengunjung website Anda. Untuk mengaturnya, Anda cukup mengaktifkan pengaturan pada Search Appearance-Breadcrumbs.

9.      Setting RSS tidak perlu diubah, cukup sesuaikan dengan pengaturan bawaan plugin.

10.    Setting Social berfungsi untuk mengatur social media apa saja yang berkaitan dengan web Anda. Hal ini dapat digunakan untuk memaksimalkan penyebaran konten Anda pada social media lain.

Meskipun penggunaannya sederhana, fitur-fitur di dalam plugin ini jelas sangat asing bagi pemula. Anda dapat mempelajari penggunaannya secara detail, Anda dapat mengikuti kursus SEO. SEOMEDIA menyediakan kursus bagi Anda yang ingin mengetahui fitur lainnya dan ingin memahami bagaimana cara fitur-fitur pada Yoast SEO bekerja.

Posting Komentar untuk "Kenali Yoast SEO untuk Pengguna Wordpress"