Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu SEO atau Search Engine Opimization?

tinkrbox.com Apa itu SEO? SEO sebenarnya kepanjangan dari Search Engine Optimization. Ini merupakan suatu proses optimasi website yang digunakan untuk mempengaruhi tingkat visibilitas dari situs tersebut di dalam mesin penelusuran. Dimana proses optimasi tersebut nantinya dapat membantu menampilkan website di posisi teratas halaman utama hasil pencarian browser.




Jenis-jenis Search Engine Optimization

  • SEO on page

Ini merupakan langkah optimasi yang dilakukan dari dalam website. Dimana SEO on page ini terdiri dari internal linking, penggunaan heading, struktur konten, permalink, dan tema responsif.

  • SEO off page

Sedangkan SEO Off Page merupakan faktor luar dari website. Faktor luar tersebut dapat berupa backlink atu inbound link. Namun, backlink merupakan salah satu faktor yang sering digunakan. Dimana backlink ini menjadi indikator jika konten Anda bisa menjadi rujukan situs lain.

Cara Kerja Mesin Optimasi

Saat ini mesin penelusuran menggunakan algoritma tertentu untuk bisa menentukan konten yang layak ditempatkan pada posisi teratas browser. Sehingga, apabila membahas mengenai cara kerja mesin optimasi tentu saja akan mengarah pada algoritma google. Sebab, mesin optimasi ini akan bekerja sesuai standar algoritma saat ini.

Padahal perlu diketahui, bahwa algoritma terus diperbarui supaya bisa memberikan hasil pencarian yang relevan dan solutif bagi para penggunanya. Sehingga, Anda pun harus mengikuti arus algoritma google tersebut.

Indikator Utama SEO

1.     Struktur URL

Supaya bisa memudahkan mesin penelusuran mengenali situs serta topik yang Anda bahas, maka gunakanlah struktur URL yang sederhana. Namun dengan tidak lupa mencantumkan nama domain serta judul artikel.

2.     Pemanfaatan SSL/TLS

Manfaatkanlah SSL atau TLS, sebab bisa membantu dalam mengamankan transfer data di website Anda. Sehingga, pertukaran data dapat dilakukan secara aman. Dimana pertukaran data tersebut nantinya bisa dilindungi oleh public dan private key. Terlebih dengan adanya keberadaan label gembok serta HTTPS, tentu dapat membantu pengunjung mengakses situs Anda secara lebih tenang.

Untuk mengetahui website Anda telah menggunakan SSL/TTL, maka alamat web diawali dengan HTTPS.

3.     Topic konten

Ketika ingin membangun struktur website yang baik, sebaiknya isilah menggunakan topic yang saling berkaitan. Misalnya ketika Anda memiliki blog travelling, maka paling tidak Anda membuat artikel tentang topic travelling, seperti jalan-jalan ke suatu daerah dengan bermacam tempat wisata menawan di dalamnya. Sehingga, dapat membuat website Anda berpeluang masuk di first page hasil pencarian topic.

4.     Search intent

Search intent ini adalah suatu harapan dari kebanyakan pengguna internet terhadap satu keyword tertentu. Misalnya ketika pengunjung memasukkan keyword “jasa SEO” di browser, maka hasil penelusuran teratas akan menampilkan bermacam iklan mengenai jasa SEO. Jadi, pada dasarnya google akan mengutamakan konten yang sesuai search intent kebanyakan pengunjung.

5.     Struktur konten

Buatlah konten yang mudah dipahami oleh pembaca dengan membentuk struktur rapi dan jelas. Sehingga, pembaca dapat mudah menemukan jawabannya secara cepat. Untuk bisa melakukannya, Anda cukup menggunakan heading serta subheading sebagai poin penting dalam konten. Selain itu, tambahkan pula gambar, video, atau infografik tertentu supaya dapat menambah pemahaman pembaca.

6.     Meta tags

Meta tags ini sendiri terdiri dari title tag dan meta description yang berfungsi untuk membantu google dalam memahami konten secara menyeluruh di halaman website tertentu. Sehingga, nantinya google dapat memotong bagian judul maupun meta tags sesuai standar berlaku. Jadi, dapat diartikan bahwa judul artikel dan meta tags situs tertentu tidak akan muncul secara menyeluruh.

Oleh karena itu, tidak heran jika pengguna internet hanya akan melihat judul dan meta description tidak secara utuh pada tampilan hasil pencarian. Walaupun judul dan meta descriptionnya terbilang cukup panjang.  

7.     Backlink

Dengan semakin banyak backlink ke situs tertentu, maka google pasti menganggap bahwa situs tersebut memiliki kredibilitas tinggi.

8.     Kecepatan akses website   

Google telah menetapkan bahwa semakin cepat loading situs tertentu, maka situs tersebut layak untuk memperoleh peringkat lebih tinggi pada hasil pencarian browser.

Demikian, pembahasan mengenai apa itu SEO? Harapannya, Anda dapat memahaminya dengan baik. Sebab, dapat memudahkan Anda dalam mengoptimasi website sendiri. Namun, apabila tidak ingin melakukannya sendiri, manfaatkanlah jasa SEO terpercaya. Jasa tersebut dapat diperoleh di SEOMEDIA dengan mengunjungi website resmi kami di https://seomedia.co.id.

Posting Komentar untuk "Apa Itu SEO atau Search Engine Opimization?"